CEK FAKTA, Viral Pesan Berantai Bahaya Radiasi Kosmik Gerhana Bulan Total Malam Ini 29 Februari 2024 Hoaks

admin
2 Min Read

CEK FAKTA, Viral Pesan Berantai Bahaya Radiasi Kosmik Gerhana Bulan Total Malam Ini 29 Februari 2024 Hoaks

Sejak beberapa waktu terakhir, media sosial diramaikan dengan pesan berantai yang mengingatkan akan bahaya radiasi kosmik pada malam hari, khususnya pada rentang waktu antara pukul 00:30 hingga 03:30 WITA, terutama terkait dengan peristiwa Gerhana Bulan Total yang akan terjadi malam ini, tepatnya pada tanggal 29 Februari 2024.

Masyarakat diimbau untuk mengambil langkah pencegahan dengan mematikan semua perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan perangkat lainnya, serta menjauhkannya dari tubuh demi menghindari dampak radiasi yang dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Dalam isi pesan yang beredar luas, disampaikan bahwa pada rentang waktu tersebut, bumi akan mencapai titik puncak radiasi kosmik karena pancaran cahaya kosmik yang akan melintasi dekat dengan bumi.

Pesan tersebut juga mengklaim bahwa TV Singapore telah mengonfirmasi berita tersebut dan mengajak untuk menyebarkannya kepada keluarga, teman, dan orang-orang terdekat sebagai upaya penyelamatan nyawa.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa informasi ini adalah HOAX.

Jasyanto, Kabag Humas LAPAN, dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar dan tidak didukung oleh fakta yang valid.

Visited 27 times, 1 visit(s) today
Share This Article